Artikel
Manasik Umrah Sesi II Untuk Keberangkatan 27 Oktober


Setelah dilaksanakan Manasik Umrah Sesi I, pada Jumat, 26 Oktober 2018, NRA Group menyelenggarakan Manasik Sesi II atau yang terakhir bagi calon jemaah umrah yang diberangkatkan pada 27 Oktober 2018.

Sama halnya pada sesi I, Manasik Umrah Sesi II juga bertempat di Wisma Umrah dan Haji Indonesia, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Berlangsung sejak pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Peserta Manasik Umrah Sesi II berjumlah 166 orang. Para calon jemaah umrah tersebut berasal dari DKI Jakarta, Denpasar dan Palembang.

Ustadz Nurhasan kembali didampuk sebagai pemateri manasik. Hal ini dikarenakan ustadz pendamping NRA Group sebagian bertugas mendampingi jemaah yang sudah terlebih dahulu diberangkatkan ke tanah suci, dan sebagian lagi tengah mengikuti sertifikasi pembimbing umrah yang diselenggarakan Kementerian Agama di Bandung, Jawa Barat.

Manasik dibuka dengan lantunan ayat suci Al Qur'an yang dibacakan oleh Ustadz Abdul Kholik. Setelah itu, Ustadz Nurhasan menjelaskan program perjalanan ibadah umrah, mulai dari pemberangkatan, saat di tanah suci, dan sampai proses kepulangan ke tanah air setelah menjalankan umrah.

Setelah menjelaskan program perjalanan umrah dan apa yang akan dilaksanakan selama pelaksanaan program kegiatan umrah, Ustadz Nurhasan menyampaikan materi manasik, khususnya terkait Rukun Umrah. Beliau juga mempraktikan cara memakai pakaian ihram. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab sebagai akhir dari rangkaian acara manasik. Acara manasik ditutup dengan doa.

Untuk keberangkatan calon jemaah umrah pada Sabtu, 27 Oktober 2018, Insya Allah, jemaah yang totalnya berjumlah 353 orang akan diberangkatkan dari Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten. Nanti akan terbangkan menuju Jeddah pukul 16.30 WIB dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 982.

Pesawat Garuda nomor penerbangan GA 982, Insya Allah, akan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, sekitar pukul 22.30 Waktu Setempat (KSA). Sesampainya di sana, terlebih dahulu mengurus segala sesuatunya di kantor imigrasi bandara.

Setelah itu para jemaah langsung diberangkatkan ke Madinah. Selama di Madinah, jemaah akan melakukan ziarah ke Makam Rasulullah SAW, Abu Bakar Asshidiq ra, dan Umar Bin Khattab ra di Masjid Nabawi. Jemaah juga akan diajak ke beberapa masjid dan pemakaman bersejarah lainnya. Selama di Madinah, jemaah akan menginap di Rawdat Al Aqeeq.

Setelah dari Madinah, jemaah diberangkatkan ke Mekkah. Di sinilah nanti inti dari ibadah umrah dilaksanakan. Selama di Mekkah, jemaah akan menginap di Swissotel Al Maqam. 

Sebagai holding biro perjalanan umrah dan haji terpercaya yang memberikan pelayanan maksimal, NRA Group memberikan pendampingan kepada para jemaahnya. Selama di tanah suci, jemaah akan didampingi dua ustadz pendamping yakni Ustadz Muhammad Ridwan Harun dan Ustadz Nasrun Amaq Mar Ali. Selain itu, seorang dokter, Ihsanijah Mukkarrama Alim dan petugas NRA Group, Levi Ambarwati Sudiro.